Sunday, August 13, 2017

MAKALAH PANDANGAN ISLAM TERHADAP RAMALAN ZODIAK

PANDANGAN ISLAM TERHADAP RAMALAN ZODIAK



Diajukan sebagai salah satu persyaratan guna mengikuti ujian sekolah/ ujian nasioanal.


Oleh :
RIDWAN
NIS: 12.2000

JURUSAN AGAMA


MADRASAH ALIYAH NEGERI TOMINI KABUPATEN PARIGI MOUTONG PROPINSI SULAWESI TENGAH

TAHUN AJARAN 2014/2015


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar kata Ramalan dan kata Zodiak, Ramalan dan Zodiak pada dasarnya sama ,Ramalan adalah prediksi mengenei hal-hal akan datang atau yang akan menimpa diri kita diwaktu akan datang sedangkan Zodiak atau ramalan bintang berisi tentang ramalann keadaan asmara, keuangan, kesuksesan seseorang di masa akan datang.
Biasa digambarkan ramalan keadaan dirinya pada 1 minggu atau sebulan mendatang. Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius.
Seringkali terjadi di kalangan remaja islam yang ada di negeri ini. Membaca zodiak yang ada pada majalah-majalah remaja umumnya untuk mengetahui masa depan yaitu apa-apa  yang akan mereka alami minggu ini.
Cara memperoleh ramalan bintang ini tidak perlu susah payah sampai ke rumah tukang ramal. Saat ini, setiap orang sudah disuguhkan cara mudah untuk membaca ramalan bintang melalui majalah, koran,internet atau TV. Bahkan sekarang bisa tinggal ketik lewat sms dengan format reg spasi, dsb.
 Zodiak atau ramalan bintang merupakan suatu kemungkaran yang sangat besar. Namun, terkadang sebagian orang hanya iseng dalam melakukan hal tersebut. Apakah hal ini dibenarkan dalam pandangan syari'at islam tentu saja tidak.
Oleh sebab itu dalam pembahasan karya tulis inilah yang akan menjelaskan tentang akibat, kerugian dan pandangan islam jika kita percaya ramalan zodiak. karena banyak remaja islam saat ini yang percaya terhadap ramalan zodiak.
1.2  Rumusan Masalah

      Adapun hal-hal yang menjadi rumusan masalah dari makalah ini adalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana yang dimaksut dengan Ramalan ?

2.      Bagaimana yang dimaksut dengan Zodiak ?

3.      Bagaimana kerugian percaya Ramalan Zodiak ?

4.      Bagaimana akibat percaya Ramalan Zodiak ?


1.3  Tujuan Penulis
      Adapun tujuan dari pembuatan karya tulis ini adalah sebagai berikut:

1.      Sebagai sarat untuk mengikuti UAS/UN ajaran 2014/2015.

2.       Untuk menambah wawasan tentang haramnya ramalan zodiak,agar kita tidak menpercayainya.

3.      Meningkatkan pengetahuan tentang pandangan islam terhadap ramalan
zodiak .






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Judul
        2.1.1 Pengertian Ramalan
Ramalan adalah prediksi mengenai peristiwa-peristiwa yang akan datang.bentuk saat ini misalnya, zodiac,shio dan kartu. Kata ramal diambil dari bahasa Arab yaitu raml yang artinya adalah suatu ilmu untuk menafsir, menilik, melihat atau memprediksi nasib seseorang, atau apa yang akan terjadi di masa depan. Sejarah ramalan telah ada dari jaman dulu. Misalnya raja Fir’aun telah diberi peringatan oleh peramal bahwa akan ada seorang laki-laki yang kelak menjatuhkan tahta kepemimpinannya. Lalu dengan cepat Fir’aun merespon ramalan ini dengan membunuh setiap bayi laki-laki.
Ramalan bila dilihat dari aspek kebahasaan sendiri dibagi tiga bagian:
1.    Ramalan yang berasal dari wahyu Allah SWT kepada para Nabi dan Rasulnya. Ramalan ini terdapat di dalam Kitab suci Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an. Serta ada juga yang disampaikan melalui para Nabi. Seperti yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. di dalam haditsnya.
2.    Ramalan Ilmiah, ramalan ini dilakukan oleh para ilmuwan setelah melalui penelitian-penelitian secara ilmiah. Seperti ramalan cuaca, ramalan tanggal kelahiran seorang anak dari ibu hamil.
3.    Ramalan Mistik. Ramalan ini berdasarkan informasi dari makhluk ghaib atau melalui media lain yang biasa digunakan oleh seorang peramal. Ramalan ini dilakukan oleh paranormal, dukun dan sebutan lainnya.
Di dalam istilah keislaman sendiri ramalan mistik dikenal dengan tathayyur. Kata ini berasal dari thair yang artinya burung. Sejarah dari tathayyur berawal dari kebiasaan orang Arab pada jaman dahulu, jika seseorang hendak melakukan perjalanan, maka ketika melihat burung terbang menuju arah kanan berarti dia akan  mendapat keuntungan. Tapi jika burung tersebut terbang ke arah kiri maka akan terjadi kesialan.
2.1.2 Pengertian Zodiak
Zodiak berasal dari kata yunani zoodiacos cyclos yang artinya lingkaran hewan merupakan sebuah lingkaran imaginatif dilangit dengan lebar 80 derajat yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Zodiak adalah tanda bintang seseorang yang didasarkan pada kedudukan matahari pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal desember akan berzodiak Sagitarius, karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagitarius.
Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut dengan lingkaran ekliptika. Jika diamati dari bumi, semua benda tatasurya (planet, Bulan dan Matahari) beredar di langit mengelilingi lingkaran ekliptika. Keistimewaan dari keduabelas zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika. Rasi-rasi bintang tersebut adalah:
    Capricornus: Kambing laut
    Aquarius: Pembawa Air
    Pisces: Ikan
    Aries: Domba
    Taurus: Kerbau                                           
    Gemini: Si Kembar
    Cancer: Kepiting
    Leo: Singa
    Virgo: Gadis Perawan
    Libra: Timbangan
    Scorpius: Kalajengking
    Sagitarius : Si Pemanah
Zodiak adalah ramalan yang berisi tentang keadaan asmara, keuangan, kesuksesan dirinya satu minggu kedepean dan ramalan ini lebih disukai oleh kalangan remaja saat ini karena mudah dicari dan ditemui melalui majalah, koran,internet atau TV.
2.2 Kerugian Percaya Ramalan Zodiak
    Diantara kerugian-kerugian orang yang mempercayai Ramalan adalah sebagai berikut:
1.         Orang yang percaya ramalan adalah orang  yang menyekutukan Allah
Orang yang percaya ramalan secara langsung maupun tidak langsung menyatakan bahwa ada zat selain Allah swt dan itu adalah perbuatan syirik. Percaya zodiak sama dengan tidak mempercayai qodo dan qodar Allah swt dan termasuk orang yang menyekutukan Allah swt.Orang yang percaya ramalan termasuk orang yang syirik, karena tidak ada yang tahu takdir seseorang,karena takdir dan masa depan seseorang telah ditentukan oleh Allah swt.
Sebagai mana terdapat dalam Al-Quran Surah Luqman ayat 34
إِنَّ اللَّهَ عِندَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ ﴿٣٤﴾
Artinya: Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok . Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS.Luqman: 34)
Ketahuilah saudaraku, Perkara masa akan datang adalah perkara yang menjadi kekhususan Allah swt dan menjadi ranah ghoib. Bahkan Nabi Muhammad saw sendiri tidak mengetahui hal-hal ghaib kecuali yang diberitahukan Allah kepadanya melalui wahyu,Sehingga tidak pantas seorang makhluk pun menerka-nerka apa yang akan terjadi pada masa akan datang melalui ramalan bintang, zodiak dan semacamnya, begitu pula tidak boleh mempercayai nya karena itu termasuk perbuatan syirik.
2.         Ibadah solatnya selama 40 hari tidak di terima.

       Syaikh Sholih Alu Syaikh hafizhohullah mengatakan, “Jika seseorang membaca halaman suatu koran yang berisi zodiak yang sesuai dengan tanggal kelahirannya atau zodiak yang ia cocoki, maka ini layaknya seperti mendatangi dukun.
      Akibatnya cuma sekedar membaca semacam ini adalah tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari.Para ulama sering kali menyamakan hukum membaca Ramalan Zodiak dengan hukum mendatangi tukang ramal yang mengklaim  megetahui perkara yang gaib,keduanya diniulai sama hukumnya karena sama-sama mempertanyakan hal gaib dimasa akan datang.
       Orang yang  percaya ramalan sangat merugi karena solat yang dilakukan selama 40 hari tidak diterima. Apabila cuma sekedar membaca ramalan zodiak, walaupun tidak mempercayai ramalan tersebut atau tidak membenarkannya, maka itu tetap haram. Akibat perbuatan ini, shalatnya tidak diterima selama 40 hari.
Rasulullah saw bersabda:
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ يَوْمً
Artinya:“Barangsiapa mendatangi peramal lalu mempercayai ucapannya, shalatnya selama empat puluh  hari tidak diterima.” (HR. Musnad Ahmad)
Maksud tidak diterima shalatnya selama 40 hari dijelaskan oleh An Nawawi: “Adapun maksud tidak diterima shalatnya adalah orang tersebut tidak mendapatkan pahala. Namun shalat yang ia lakukan tetap dianggap dapat menggugurkan kewajiban shalatnya dan ia tidak butuh untuk mengulangi shalatnya.


2.3     Akibat Percaya Ramalan Zodiak
1.         Dapat menghilangkan percaya diri dan tidak dapat berkomitmen
Ramalan Bintang atau zodiak ,jadi pubrik wajib yang harus ada  dalam majalah remaja. Tidak lengkap rasanya, jika membaca majalah tapi belum melirik halaman  yang memuat ramalan bintang tersebut . selain ramalan zodiak di larang oleh  agama terlalu sering membaca ramalan zodiak ternyata sangat berbahaya.
Dalam sebuah penelitian  dikatakan sering membaca ramalan zodiak, dapat menyebabkan  kurangnya rasa percaya diri seseorang. Akibatnya, bisa membuat seseorang  menjadipribadi yang tidak dapat berkomitmen.Para peneliti dari Johns Hopkins University ofsouth carolina melakukan setudi dengan memberi ramalan ramalan zodiak yang pesimis pada beberapa partisipan. Setelah membacanya, mereka kemudin ditanya akan pergi kepesta atau tetap tinggal dirumah.
Partisipasi tersebut mengatakan jika sesuai dengan ramalan bintang dia akan memilihpergi kepesta. Padahal mereka juga ragu dengan keputusannya tersebut. Sementara yang tidak membaca ramalan zodiak, dengan tegas memilih membersihkan rumah.‘‘Sifat manusia mendorong kita percaya pada nasib sendiri. Tapi ramalan zodiak dapat memengaruhi keputusan tersebut’’ tulis Hyeongmin  Kim, Katina Kulow dan Thomas Kramer dalam laporan penelitiannya yang dipublikasikan di Journal of Consumer Reasearch seperti di lansir Daily Mail.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ramalan zodiak sebenarnya tidak punya efek yang siknifikan. Pasalnya, ramalan jistru dapat memiliki efek yang  berlawanan.lebih lanjut, mereka yang percaya dengan ramalan zodiak tidak akan fokus dengan apa yang dikerjakan. Mereka akan ‘‘berkonsultasi’’ dengan ramalan zodiak atas segala kemungkinan yang bisa terjadi . Kramer dkk menyimpulkan penggemar ramalan zodiak akan selalu mengalami keter gantungan dengan apa yang dikatakan zodiaknya.

2.      Kufur kepada Agama Islam
Rasulullah saw bersabda:                                                                                   
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْه وَسَلَّمَ
Artinya;“Barangsiapa mendatangi seorang dukun atau peramal kemudian membenarkan apa yang ia katakan, maka ia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Musnad Ahmad)
Sebab, di antara yang diturunkan kepada Rasulullah SAW adalah bahwa hal-hal yang ghaib tidak ada yang mengetahuinya selain Allah SWT.
Allah swt berfirman dalam QS. An-Naml : 65
قُل لَّا يَعْلَمُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
Artinya; Katakanlah: “Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib,kecuali Allah”, dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan. (QS. An-Naml : 65)
Allah berfirman dalam QS. Al-A’raf : 188
قُل لَّا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ ۚ وَلَوْ كُنتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-A’raf : 188)
Oleh karena itu, membenarkan para dukun dan peramal yang mengaku mengetahui hal yang ghaib adalah pengingkaran terhadap ayat-ayat yang telah diturunkan Allah SWT. Jika mendatangi dan membenarkan mereka demikian buruk kedudukannya dalam agama.
2.4     Ramalan Zodiak Adalah Sihir
Rasulullah SAW bersabda:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ اقْتَبَسَ عِلْمًا مِنْ النُّجُومِ اقْتَبَسَ شُعْبَةً مِنْ سِحْرٍ مَا زَادَ زَادَ وَمَا زَادَ زَادَ

Artinya: “Siapa yang mempelajari ilmu nujum berarti ia telah mempelajari cabang dari ilmu sihir, apabila bertambah ilmu nujumnya maka bertambah pulalah ilmu sihirnya.” (HR. Musnad Ahmad)
Hadits tersebut dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa ilmu nujum (yang termasuk dalam hal ini adalah ramalan bintang) merupakan bagian dari sihir. Bahkan Rasulullah menyatakan bahwa apabila ilmu nujumnya itu bertambah, maka hal ini berarti bertambah pula ilmu sihir yang dipelajari orang tersebut. Sedangkan hukum sihir itu sendiri adalah haram dan termasuk kekafiran, sebagaimana Allah berfirman dalam Qs. Al Baqarah: 102
وَاتَّبَعُواْ مَا تَتْلُواْ الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيْاطِينَ كَفَرُواْ
Artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), Padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir)….” (Qs. Al Baqarah: 102)
Ramalan merupakan sebuah cara untuk mengetahui nasib seseorang itu baik atau buruk. Jika kalian (Orang Muslim) renungkan, maka sesungguhnya orang-orang yang mencari tahu ramalan nasib mereka, tidak lain dan tidak bukan dikarenakan mereka menginginkan nasib yang baik dan buruk telah Allah takdirkan 50 ribu tahun sebelum Allah SWT menciptakan langit dan bumi, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ
“Allah telah menuliskan takdir seluruh makhluk 50 ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” (HR. Muslim).
Hanya Allah yang tahu nasib kita. Yang dapat kita lakukan adalah berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan hal yang baik dan terhindar dari hal yang buruk, selebihnya kita serahkan semua hanya kepada Allah.

BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Berdasarkan pada uraian pembahasan yang telah diuraikan diatas dapat di simpulkan:
1.      Ramalan adalah prediksi mengenai peristiwa- peristiwa yang akan datang,bentuk saat ini misalnya, zodiac,shio dan kartu. Kata ramal diambil dari bahasa Arab yaitu raml yang artinya adalah suatu ilmu untuk menafsir, menilik, melihat atau memprediksi nasib seseorang, atau apa yang akan terjadi di masa depan.

2.         Zodiak adalah tanda bintang seseorang yang digunakan untuk meramal. zodiak atau ramalan bintang berisi tentang ramalan keadaan asmara, keuangan, kesuksesan seseorang di masa akan datang ramalan keadaan dirinya pada satu minggu mendatang.

3.         Di bawah ini adalah kerugian dan akibat orang yang percaya ramalan zodiak
·         Orang yang percaya ramalan adalah orang  yang menyekutukan Allah.
·         Ibadah solatnya selama 40 hari tidak di terima.
·         Dapat menghilangkan percaya diri dan tidak dapat berkomitmen.
·         Kufur kepada Agama Islam.

4.      Ramalan zodiak adalah Sihir. Sihir itu haram dan termasuk kekafiran.



4.2  SARAN-SARAN
Untuk lebih sempurnanya penulisan karya tulis ini maka penulis akan memberi beberapa saran
1.      Hendaklah kaum muslim baik wanita maupun laki-laki tidak mempercayai perkara ghaib yang disampaikan oleh peramal ataupun dukun, jika ia pernah terjerumus ataupun sedang dalam kondisi kebatilan ini maka hendaklah ia bertobat kepada allah swt dan tidak lagi mempercayai/membenarkan perkataan dukun dan peramal, sesungguhnya allah maha pengampun lagi maha mendengar.
2.      Marilah kita sebagai hamba Allah meninggalkan ha-hal yang berkenaan dengan ramalan zodiak. Karena ramalan zodiak temasuk perbuatan yang syrik.

3.      Sebagai umat islam kita harus memperbanyak amal ibadah agar terhindar dari percaya akan ramalan zodiak. Kepercayaan kepada tuhan harus dibina dan ditanamkan dalam jiwa sedangkan kepercayaan kepada ramalan zodiak harus di hilangkan.












DAFTAR PUSTAKA

Departemen Agama RI.2004.AL-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta:CV Naladana.
http://rumaysho.com/ Dosa Besar Akibat Membaca Ramalan Bintang
http://id.wikipedia .org/wiki/zodiak
http://www.anneahira.com/ramalan-bintang-zodiak.htm
Rudin, Zaenal. 2010. Ramalan Bintang Zodiak. Jakarta : Gramedia.
Tusaikal,Abduh,Muhamad.2009. Dosa Besar Akibat Membaca Ramalan Bintang.Sleman












                              








DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Identitas pribadi                   
Nama                           :  RIDWAN
Tempat/tanggal lahir   :  Tinombala, 08 september 1997
Nomor induk siswa     :  12.2000
Alamat                                    :  Tinombala
Latar belakang pendidikan
Sekolah dasar              : SD Inpres 1 Tinombala, Tahun 2004.
Sekolah menengah      : MTs. Tinombala, Tahun 2012.
Identitas orang tua
1.      Ayah
Nama               : SUPARJO
Alamat                        : Tinombala
Pekerjaan         : Tani
2.      Ibu
Nama               : RATIAH
Alamat                        : Tinombala
Pekerjaan         : URT
  

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram 👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻 الخميس 8 ترفع الاعمال Kamis, 8 Muharram /28 S...