Sunday, August 13, 2017

TEORI ATOM JOHN DALTON

“TEORI ATOM JOHN DALTON”

John Dalton pada tahun (1766-1844) ialah seorang guru SMU di Manchester Inggris. Ia terkenal karena teorinya yang membangkitkan kembali istilah “ATOM”. Dalam buku karangannya yang berjudul New System Of Chemical Philosophy hal tentang atom sekitar tahun 1803. Ia menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat terbagi lagi tiap-tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan masa identik dan senyawa terbentuk jika karena dari berbagai unsur bergabung dalam komposisi yang tetap.

TEORI TENTANG PARTIKEL ATOM

Partikel-partikel atom :
1.      Elektron
Elektron merupakan partikel dasar penyusun atom yang pertama kali ditemukan oleh Joseph John Thompson pada tahun 1978 elektron ditemukan menggunakan tabung kaca.

2.      Inti Atom ERNES RUTHERFORD
Pada tahun 1911 menemukan inti atom W.C Ront Gen yang menemukan sinar X pada tahun 1895 dan penemuan zat radio aktif oleh Hendri Becqnerel mendasari penemuan RUTHERFORD.
Zat radio aktif merupakan zat yang dapat memancarkan radiasi spontan misalnya, uranium, radium, dan polonium.

3.      Proton EUGENE GOLDSTEIN pada tahun 1886 melakukan percobaan dan menemukan partikel baru yang disebut sebagai sinar Fanal dan Sinar Positif.

4.      Neutron penelitian yang dilakukan  RUTHER FORD  selain sukses mendapatkan beberapa hasil yang memuaskan juga mendapatkan kejanggalan yaitu masa inti atom unsur selain lebih besar dari pada masa proton di dalam inti atom.

Teori Atom Thomson
Para ahli mengetahui dan melakukan berbagai percobaan untuk mengetahui susunan atom. Salah satu penemuan penting yaitu elektron oleh J.J Thomson. Melalui hasil percobaannya yang dilakukan dan beberapa ahli sekitar akhir abad ke-19 menyimpulkan bahwa atom mengandung elektron, suatu partikel bermuatan listrik negatif, menurut Thomson.

Teori Atom RUTHERFORD
Pada tahun 1910. Ernes RutherFord bersama dua orang asistennya, yaitu Hand Geiger dan Ernest Marsden. Melakukan serangkaian percobaan untuk mengetahui lebih banyak tentang susunan atom.
Adanya partikel alfa yang mengalami pembelokan atau terpantul mengejutkan RutherFord . Partikel alfa yang terpantul itu pastilah telah menabrak sesuatu yang sangat padat dalam atom. Pada tahun 1911, RUTHERFORD menjelaskan penghamburan sinar alfa dengan mengajukan tentang inti atom.

Teori Atom NIEL BOHR
Menurut hukum klasik, gerakan elektron mengitari inti akan disertai pencemaran energi berupa radiasi elektromagnet.
Pada tahun 1913 Niel Bohr mengajukan model atom yang menyerupai sistem tata surya. Elektron dalam atom hanya dapat berada pada lintasan dan energi tertentu. Pada keadaan normal, elektron menempati lintasan dengan tingkat energi terendah. Lintasan elektron disebut juga kulit atom. Tiap lintasan ditandai dengan satu bilangan bulat disebut bilangan kuantum.
PARTIKEL PENYUSUN ATOM

Atom sebagai sesuatu yang bersifat pejal dan bermuatan positif. Proton pada tahun 1866 ditemukan Goldstein. Fakta tersebut menunjukkan adanya radiasi yang berasal dari anode. Radiasi itu diberi nama anode atau sinar terusan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa sinar tersusun merupakan radiasi partikel bermuatan positif.
Neutron partikel ini ditemukan oleh james Chadwick pada tahun 1932, tetapi keberadaannya telah diduga oleh sebelumnya oleh Aston pada tahun 1919. Pada tahun 1930, W.Bothe dan H. Becker membagi inti atom dengan partikel alfa dan menemukan suatu radiasi partikel yang mempunyai daya tembus tinggi.

Pada tahun 1932, James Chadwick membuktikan bahwa radiasi tersebut terdiri atas partikel netral yang masanya hampir sama dengan masa proton. Namun demikian, berbagai partikel tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap sifat-sifat kimia unsur. Sehingga untuk kebutuhan kita saat ini, dapatlah kita anggap bahwa inti atom terdiri atas proton dan neutron. 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram 👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻 الخميس 8 ترفع الاعمال Kamis, 8 Muharram /28 S...