Sunday, August 13, 2017

Permohonan Dana Tempat Ibadah

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN DANA
                             TEMPAT IBADAH            














MUSHOLLAH “NURUL JIHAD”
DESA                   : TINOMBALA
KECAMATAN   : ONGKA MALINO
KABUPATEN    : PARIGI MOUTONG
PROVINSI          :  SULAWESI TENGAH
PANITIA PEMBANGUNAN MUSHOLAH “NURUL JIHAD”
DESA TINOMBALA KECAMATAN ONGKA MALINO
KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Jl. Kihajar Dewantoro No. 16 Desa Tinombala Kode Pos.94379
 



Nomor            :
Lampiran       : 1 (satu) lembar
Perihal            : Permohonan Bantuan


Kepada
Yth,     Bapak Bupati
            Kab. Parigi Moutong
Di_
            Parigi


Assalamualaikum wr.wb.
Kami memberitahukan dengan hormat, kami Panitia Pembangunan Mushollah Nurul Jihad di dusun V (lima) desa Tinombala Kecamatan Ongka Malino akan melaksanakan Pembangunan Mushollah yang dipergunakan untuk mengaji dan beribadah warga. Adapun karena besarnya dana yang harus kami tanggung cukup kami rasakan berat yaitu sebesar Rp. 65.000.000 (Enam Puluh Lima Juta Rupiah) dan kondisi perekonomian masyarakat yang dewasa ini sangat terasa terpuruk dengan adanya tingkat inflasi yang sedang terjadi, maka dengan ini kami bermaksud untuk memohon bantuan dana kepada Bapak Bupati Kabupaten Parigi Moutong.
Adapun sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan foto Musholah dan kegiatan anak-anak mengaji di Mushollah.
Sangat besar harapan kami agar sudilah kiranya Bapak berkenan memberi bantuan kepada masyarakat kami guna mengaktifkan jalannya proses ibadah bagi masyarakat kami.
Demikian atas dibantunya pembangunan Mushollah kami, tidak lupa kami haturkan banyak-banyak terimakasih.



Ketua Panitia




SUKIMIN
Tinombala, 20 Desember 2011
Kepala Desa Tinombala




ENDANG SUKARMAN


PEMBAHASAN

Keberadaan sebuah Mushollah pada suatu daerah di wilayah Indonesia ini sangat pegang peranan mengingat sebagian besar bangsa Indonesia ini memeluk agama Islam. Mushollah tidak beda dengan masjid dimana untuk tataran wilayah RT maka keberadaan Mushollah sangatlah penting, karena Mushollah lebih banyak dibutuhkan untuk kegiatan rutinitas harian dari mulai memberikan pendidikan kepada anak-anak sampai dengan pengajian untuk warga dewasa. Di Mushollah juga dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial bermasyarakat seperti halnya untuk perayaan-perayaan dalam pengayubagya adanya hari-hari  spesial agama Islam mulai dari memperingati Isra’Mi’raj sampai dengan pelaksanaan ibadah selama bulan puasa ramadhan. Mengingat pentingnya fungsi dan manfaat Mushollah, yang sementara ini dimanfaatkan oleh RT 02 Dusun 5, menunjukkan bahwa warga di wilayah kami benar-benar membutuhkan adanya sarana pendukung untuk bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan lancar. Namun oleh karena kondisi perekonomian masyarakat kami yang notabenenya adalah masyarakat buruh tani, maka sangat terasa berat untuk melaksanakan pembangunan sarana ibadah dengan cara iuran, belum lagi menghadapi era globalisasi yang saat ini sedang bergulir di masyarakat dunia yang sangat nyata pengaruhnya baik dibidang politik, sosial, budaya, maupun perekonomian nasional, maka akibatnya kami sebagai pengurus Mushollah sangat merasakan prihatin akan kondisi yang ada sekarang ini, khususnya mengenai sarana dan prasarana untuk ibadah bagi warga.

Kondisi bangunan Mushollah yang kami miliki saat ini sudah terasa tidak dapat menampung jumlahnya masyarakat yang mau melaksanakan ibadah di Mushollah baik pada shalat maghrib maupun kegiatan belajar Al-Qur’an bagi anak usia sekolah disore hari. Maka kami bermaksud untuk membangun kembali baik luas bangunan maupun kwalitas bangunan. Dari bangunan semula berukuran 4 x 6 meter persegi kami rencanakan akan diperluas menjadi 8 x 10 meter persegi, sehingga dikemudian hari dapat dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan ibadah dengan leluasa untuk menampung warga. Adapun kondisi bangunan yang saat ini masih merupakan bangunan kayu biasa akan diperbaiki kwalitasnya menjadi berotot cor dan direncanakan dengan lantai keramik sehingga memberi rasa nyaman untuk melaksanakan ibadah, karena bisa kelihatan bersih dan lebih indah.

Dengan adanya bangunan Mushollah Nurul Jihad Desa Tinombala sekaligus dapat dipergunakan untuk mencapai beberapa tujuan, antara lain :
1.      Meningkatkan pengetahuan di bidang agama Islam bagi anak usia dini.
2.      Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.
3.      Memberikan pendidikan praktik beribadah yang benar bagi anak-anak.
4.      Meringankan warga masyarakat dipandang dari segi ekonomi.
5.      Menumbuh kembangkan rasa nasionalisme yang tinggi karena dengan adanya bantuan dari Pemerintah dengan dana baik DAK dan APBD, maka masyarakat akan dapat merasakan manfaat dan faedahnya memiliki pimpinan yang beragama Islam dan pimpinan yang memberikan perhatian kepada warga masyarakat yang memeluk agama Islam maupun agama yang secara resmi diakui Pemerintah RI tercinta ini.

Demikianlah kiranya apa yang menjadi permohonan kami benar-benar dapat direalisasi oleh Pemerintah Daerah. Tidak lupa semoga dengan bantuan Bapak Bupati kepada kami, diakui oleh Allah SWT sebagai amalan sholeh sehingga Allah akan senantiasa memberikan kemurahan segalanya termasuk tauhid, hidayah, inayahnya akan dituangkan kepada kita semua. Amin, amin, ya robbal alamin.






Ketua Panitia




SUKIMIN
Tinombala, 20 Desember 2011
Kepala Desa Tinombala




ENDANG SUKARMAN



No comments:

Post a Comment

Featured Post

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram 👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻 الخميس 8 ترفع الاعمال Kamis, 8 Muharram /28 S...