Sunday, August 13, 2017

MAKALAH PEMBUKTIAN TEORI BIOGENESIS OLEH FRANCESCO REDI

PEMBUKTIAN TEORI BIOGENESIS OLEH
FRANCESCO REDI









Diajukan Kepada Madrasah Aliyah Negeri Tomini Untuk
Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Mengikuti
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US)
Guna Memperoleh Ijazah Tahun
Pelajaran 2012-2013




Oleh:
MAFTO HAMDANI
                                                         NIS : 10.1577




JURUSAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
MADRASAH ALIYAH NEGERI TOMINI
2012-2013
HALAMAN PENGESAHAN

            Karya tulis ini diajukan untuk memenuhi persyaratan dalam mengikuti Ujian Sekolah (US)/Ujian Nasional (UN), guna mendapatkan Ijazah di MAN Tomini Tahun Pelajaran 2012/2013.



Disetujui pada :          
Hari                 :          
Tanggal           :



Mengetahui
Pembimbing




DJULIANI, S.Pd
NIP. 19720714 200312 2 001
Kepala MAN Tomini




Drs. JUFRI MASALIHU
NIP. 19680709 199603 1 002










                                                                       

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, atas perjuangan dan kerja keras beliau untuk menegakkan kebenaran di muka bumi ini yaitu membawa risalah ajaran Islam.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam membuatnya. Olehnya itu, penulis memohon kritikan serta saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan dalam pembuatan karya ilmiah ini.
Sehubungan dengan penulisan karya ilmiah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah memberikan bantuannya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
1.      Kedua orang tua yang telah membesarkan, memberikan motivasi, serta dukungan baik moral maupun materil dalam menuntut ilmu.  
2.      Bapak Drs. Jufri Masalihu, selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri Tomini yang telah memberikan dan menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang dalam pembuatan karya ilmiah ini.
3.      Ibu Djuliani, S.Pd. selaku guru pembimbing dan wali kelas XII IPA2 yang telah banyak memberikan arahan serta masukan dalam pembuatan karya ilmiah ini.
4.      Bapak dan  Ibu Guru MAN Tomini yang telah dengan tulus ikhlas dan penuh kesabaran mencurahkan tenaga dan mentransfer berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
5.      Semua pihak dan seluruh teman-temanku yang terutama anak-anak kelas XII IPA2 yang telah membantu dalam penyusunan karya ilmiah ini.
Semoga seluruh amal dan kebaikan yang telah kita lakukan mendapatkan balasan yang setimpal di sisi Allah SWT. Aamiin ...

Sumber Agung,                 2013


Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ........................................................................................          i
HALAMAN PENGESAHAN ..........................................................................          ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................         iii
DAFTAR ISI .....................................................................................................         iv
DAFTAR GAMBAR ........................................................................................          v

BAB I      PENDAHULUAN ............................................................................          1
1.1  Latar Belakang ............................................................................          1
1.2  Rumusan Masalah ........................................................................          2
1.3  Tujuan Penelitian .........................................................................          2

BAB II    TINJAUAN PUSTAKA ...................................................................          3

BAB III   METODE PENELITIAN .................................................................          5
3.1  Alat dan Bahan ............................................................................          5
3.2  Prosedur Kerja .............................................................................          5
3.3  Waktu dan Tempat ......................................................................          5

BAB IV   HASIL DAN PEMBAHASAN .......................................................          6
4.1  Hasil Penelitian ............................................................................          6
4.2  Pembahasan .................................................................................          6

BAB V    PENUTUP .........................................................................................          8
5.1  Kesimpulan ..................................................................................          8
5.2  Saran ............................................................................................          8

DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................          9
LAMPIRAN ......................................................................................................         10
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .........................................................................         14

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.       Alat dan Bahan
Gambar 2.       Proses Pertumbuhan
Gambar 3.       Hasil Akhir


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di bumi banyak terdapat makhluk hidup yang saling berinteraksi antara yang satu dengan yang lain seperti halnya manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lain. Mereka membutuhkan makan dan minum untuk bertahan hidup, misalnya air dan tumbuhan sebagai bahan makanan mereka. Manusia dan hewan diciptakan sebagai makluk hidup yang bergerak, karena memang memiliki alat gerak berupa kaki, tangan dan mereka memiliki akal untuk berfikir. Di alam makhluk hidup semakin lama semakin banyak jumlah dan jenisnya. Hal ini disebabkan adanya perkawinan antara makhluk hidup. Dalam perkawinan terjadi peleburan antara sel telur dan sperma atau disebut dengan pembuahan. Peristiwa ini biasa disebut terjadinya atau terbentuknya makhluk hidup.
Tetapi proses atau penciptaan hidup yang pertama kali di muka bumi ini masih merupakan teka-teki dari manakah asal-usul makhluk hidup itu adalah sebuah pertanyaan dari abad ke abad. Pertanyaan ini masih menimbulkan reaksi dari para ahli yang berkecimpung di bidang ini. Penamaan para ahli dan Ilmuan mengenai asal-usul makhluk hidup dikenal dengan teori Abiogenesis dan Biogenesis.
Teori Abiogenesis merupakan teori terbentuknya kehidupan di muka bumi ini. Banyak Ilmuan yang melakukan penelitian mengenai teori Biogenesis, dan dari penelitian biogenesis banyak ilmuan yang menyatakan bahwa teori ini masuk akal dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Beberapa Ilmuan dan para pendukung teori ini membenarkan teori Biogenesis sebagai teori terbentuknya makhluk hidup dari hasil percobaannya yang dilakukan dan mereka membantah adanya teori Abiogenesis yang masih diragukan.
Dari percobaan teori biogenesis banyak ilmuan yang mendukung teori ini salah satunya adalah Francesco Redi. Dia melakukan berbagai penelitian dan percobaan mengenai teori tersebut. Francesco Redi merupakan Ilmuan dan seorang dokter ahli bedah dengan eksperimennya yang terkenal dan menentang teori Abiogenesis.
Redi lahir dari pasangan bangsawan dan ayahnya seorang dokter yang bekerja untuk Adipati. Dia menempuh pendidikan di Universitas PISU dari tahun 1657 hingga 1667. Kemudian Redi menjadi anggota dari Akademi eksperimen. Selama bekerja Redi menjadi sosok yang dihormati dan dicintai. Ia juga menjadi pengawas di Apotek. Selain itu Redi juga membagi pengetahuannya dengan pelajar.

1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah proses teori biogenesis oleh Francesco Redi.
2.      Bagaimana mengetahui teori biogenesis oleh Francesco Redi.

1.3  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui proses teori biogenesis oleh Francesco Redi.
2.      Untuk mengetahui teori biogenesis oleh Francesco Redi.
















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Makhluk hidup di bumi ini banyak berbagai jenis spesies. Mereka mempunyai daur kehidupan yang sangat panjang untuk melangsungkan kehidupannya di alam. Mereka memanfaatkan berbagai macam-macam tumbuhan maupun hewan untuk dijadikan bahan makanan bagi mereka. Makhluk hidup pada dasarnya tumbuh dan berkembang dari kecil menuju ke dewasa untuk mengetahui kehidupan di alam. Makhluk hidup itu memiliki ciri-ciri yaitu bergerak, bernafas, berdaptasi, tumbuh dan berkembang dan mereka saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain (Robert D. 1992).
Untuk mengetahui asal mulanya makhluk hidup di muka bumi yang banyak berdominasi dan berinteraksi di alam sekitar, maka harus memecahkan masalah tersebut dengan berbagai macam penelitian dan mengetahui teori-teori asal usul berbagai macam penelitian dan mengetahui teori-teori asal-usul makhluk hidup diantaranya yaitu teori Kosmozoan, teori Biogenesis, teori Kreasi Khas, teori Naturalistik dan teori Abiogenesis.
Salah satu teori yang mendukung asal-usul makhluk hidup yaitu teori Abiogenesis dan Biogenesis. Teori Abiogenesis merupakan teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup itu berasal dari benda mati atau makhluk hidup terjadi secara spontan misalnya cacing berasal dari tanah, ikan dan katak berasal dari lumpur. Hal itu sesuai dengan pendapat Aristoteles. (384-322 SM). Teori Abiogenesis ini bertahan cukup lama. Walaupun bertahan selama ratusan tahun, tidak semua Ilmuan membenarkan paham  Abiogenesis karena teori abiogenesis ini masih diragukan oleh berbagai Ilmuan (John 1991).
Kemudian teori tersebut ditumbangkan oleh teori Biogenesis yaitu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal daria makhluk hidup sebelumnya dan teori ini tidak diragukan oleh para Ilmuan-ilmuan (Anonim 2006).
Beberapa Ilmuan-ilmuan yang mempelopori teori Biogenesis adalah Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, dan Louis Pasteur. Mereka meyakini bahwa teori Biogenesis merupakan teori penciptaan makhluk hidup dari beberapa Ilmuan yang terkenal dengan penelitiannya adalah Francesco Redi.
Percobaan Francesco Redi yang terkenal dan memecahkan asal mula terjadinya makhluk hidup yaitu membuktikan adanya belatung yang berasal dari lalat yang berkembang biak pada daging dari hasil penelitiannya yang telah berhasil di lakukan. Francesco Redi menyatakan bahwa makhluk hidup itu berasal dari makhluk hidup sebelumnya. Teori ini sudah jelas masuk akal dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Dari hasil percobaan para Ilmuan-ilmuan dan teori ini masih berkembang hingga saat ini (Anonim, 2006).

























BAB III
METODE PENELITIAN

3.1  Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Alat :
-          2 buah toples
-          1 buah penutup toples

Bahan  :
-          2 buah keratan daging ayam

3.2  Prosedur Kerja
Adapun prosedur kerja dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Menyediakan  2 buah toples
2.      Mengisi toples tersebut masing-masing dengan keratan daging ayam
3.      Membiarkan terbuka toples 1  dan menutup rapat pada toples II.
4.      Mengamati perubahan yang terjadi dan mencatat hasil pengamatan pada tabel pengamatan.

3.3  Waktu dan Tempat
Adapun waktu danbtempat penelitian adalah sebagai berikut:
-          Hari/Tanggal : Selasa, 22 Januari 2013        
-          Waktu                       : 07.00 Wita
-          Tempat           : Laboratorium MAN Tomini Sumber Agung.






BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1  Hasil Pengamatan
Adapun hasil pengamatan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
No
Percobaan
Hari
Organisme
1
Daging tidak tertutup toples
1
2
3
Lalat
Lalat dan belatung
Bertambahnya jumlah lalat dan belatung
2
Daging tertutup toples
1
2
3
-
-
-


4.2  Pembahasan
Asal usul kehidupan merupakan pertanyaan dari abad ke abad. Pertanyaan ini menimbulkan banyak reaksi dari para ahli yang berkecimpung dibidang ini. Banyak ilmuan yang mencoba memecahkan permasalahan tersebut, memunculkan berbagai macam teori untuk mengurut asal-usal makhluk hidup. Diantara teori-teori tersebut terdapat teori Abiogenesis dan teori Biogenesis. Teori  Abiogenesis merupakan sebuah teori yang dipelopori oleh Aristoteles (394-322 SM). Teori tersebut menyatakan bahwa makhluk hidup yang pertama menghuni bumi ini berasal dari benda mati, dapat dikatakan bahwa timbulnya makhluk hidup pertama itu terjadi secara spontan karena adanya gaya hidup. Sedangkan teori Biogenesis merupakan teori yang dipelopori oleh Francesco Redi. Teori tersebut menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lain.
Teori tersebut dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan pada daging, yang dapat dilihat pada tabel I nomor 1 hasil pengamatan bahwa daging yang diletakkan dalam toples yang tidak tertutup dalam kurun waktu 1 – 3 hari mengalami pembusukan dan pada daging tersebut terdapat belatung, hal itu dikarenakan pada daging yang diletakkan di toples tanpa tutup mengakibatkan lalat leluasa untuk datang dan menghinggapi daging tersebut, lalat yang hinggap di daging membawa berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan daging membusuk. Selain itu lalat melakukan perkembangbiakan dengan meletakkan telurnya di daging, dalam waktu 2 – 3 hari telur-telur tersebut menetas dan berubah menjadi belatung.
Sedangkan pada tabel I nomor 2 daging yang diletakkan pada toples yang tertutup tetap mengalami pembusukan, meskipun tidak ada lalat yang datang dan hinggap di daging tersebut. Pembusukan pada daging itu disebabkan oleh adanya mikroorganisme tersebut dikarenakan kondisi daging yang tidak steril serta mikroorganisme dapat masuk ke daging melalui udara yang masuk sebelum toples tersebut ditutup. Daging tersebut tidak terdapat belatung dikarenakan tidak terdapatnya jalan masuk bagi lalat untuk hinggap dan berkembang biak di daging tersebut.



















BAB V
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
Dari hasil pengamatan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu :
1)      Proses biogenesis terjadi karena adanya lalat yang datang dan menghinggapi daging, kemudian lalat berkembang biak pada daging tersebut.
2)      Adanya belatung yang terdapat dalam toples yang tidak tertutup disebabkan karena lalat yang berkembang biak pada daging.

5.2  Saran
Adapun saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya untuk mengetahui asal-usul makhluk hidup harus mempelajari teori-teori terjadinya makhluk hidup dan melakukan penelitian lebih lanjut pada teori biogenesis.


















DAFTAR PUSTAKA

Hendaya, Nur, Dkk. 2001. Biologi Untuk Pesantren Salafiah. Jakarta : Departemen Agama RI.

Windarsih, Gut. 2010. Biologi untuk SMA/MA. Klaten : Intan Pariwara.

Soedirokoesoemo, wibisono. 1993. Biologi SMA/MA. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

 LAMPIRAN


Gambar 1. Alat dan Bahan

Gambar 2. Percobaan Hari ke-1 / Pertama





            Gambar 3. Percobaan Hari ke-2



 


            Gambar 4. Percobaan Hari ke-3











DAFTAR RIWAYAT HIDUP

A.    Identitas
Nama                                 : MAFTO HAMDANI
Tempat Tanggal Lahir       : Palu, 18 Januari 1993
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Agama                               : Islam
Alamat                              : Sumber Agung 

B.     Pendidikan
Pendidikan  Dasar               : -  SD Inpres 2 Kayu Agung
Pendidikan Tingkat Lanjut : -  SMP Negeri 1 Tomini, Lulus Tahun 2010
Terdaftar di MAN Tomini  : -  Tahun 2010
                                         
                                           
C.    Orang Tua                        
1)      Ayah                          
Nama                           : NGATIMIN
Agama                         : Islam
Pekerjaan                     : Petani
Alamat                        : Sumber Agung

2)      Ibu
Nama                           : SIYEM
Agama                         : Islam
Pekerjaan                     : Pedagang
Alamat                        : Sumber Agung



No comments:

Post a Comment

Featured Post

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram

Pekan yang sangat penting untuk berpuasa di Bulan Muharram 👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻👇🏻 الخميس 8 ترفع الاعمال Kamis, 8 Muharram /28 S...